Blog Cinangka

Membersihkan file .DS_Store di Linux

Posted by Taufiq Rohman Saturday, October 8, 2011
Share this Article on :


Saya baru sadar kalau ada sebuah file “junk” yang muncul disetiap folder tempat saya mengoleksi ikon dan wallpaper, tema untuk iPhone/iPod. File ini bernama .DS_Store dan besar filenya bervariasi mulai dari beberapa bytes saja sampai puluhan kilobytes.

Awalnya saya cuek saja karena saya pikir jumlahnya tidak banyak, tapi kemudian saya cek menggunakan perintah find di Terminal… ternyata jumlahnya ada ratusan.


Tentang .DS_Store

.DS_Store adalah sebuah file tersembunyi yang muncul secara otomatis pada sistem operasi Mac OS X. .DS_Store dibutuhkan oleh Finder (File manager pada Mac OS X) untuk mendapatkan informasi tentang ikon atau posisi dari suatu file. Jadi file .DS_Store ini fungsinya mirip dengan thumbs.db pada Windows Explorer, sama-sama menyimpan informasi.

Darimana file ini berasal?

File ini bisa sampai ke komputer saya karena saya sering mendownload file seperti ikon, wallpaper, tema desktop/mobile yang dibuat oleh seseorang yang menggunakan Mac OS X. Jadi bisa dibilang kalau .DS_Store itu adalah oleh-oleh dari si designer untuk kita karena kita telah mendownload hasil karyanya. Tapi karena saya menggunakan Ubuntu, saya tidak peduli dengan “oleh-oleh” ini, dan bagi saya itu sudah menjadi sampah.

Sebenarnya saya bisa saja menginstall aplikasi tambahan untuk menghapus file junk seperti ini, misalnya BleacBit, tapi saya pikir-pikir lagi untuk apa menginstall aplikasi kalau saya bisa membersihkannya sendiri dengan bantuan Terminal? Akhirnya saya coba sendiri.

1. Temukan lokasinya:
find /direktori/utama -name ".DS_Store"
catatan:
-exec rm: berarti mengeksekusi perintah rm,
-exec rm {}: berarti mengeksekusi perintah rm hanya pada file yang cocok saja, dalam kasus ini adalah file .DS_Store saja.
{}: nantinya akan menggantikan nama file yang dicari untuk dieksekusi,
\; dibelakang -exec: artinya pemberhentian tugas mengeksekusi oleh rm.



Jadi, perintah:

find /direktori/utama -name ".DS_Store" -exec rm {} \;

jika dibahasakan akan menjadi seperti ini:

cari /direktori/utama nama ".DS_Store" lakukan hapus ".DS_Store" stop

Selamat berkreasi dengan perintah find.

Related Post:

  1. kalo .ds_store ada di folder wordpress ?

     

Post a Comment