Blog Cinangka

Membeli Dan Memilih Router ADSL

Posted by Taufiq Rohman Thursday, October 20, 2011
Share this Article on :

Bagi pengguna telkomspeedy sebagai provider ADSL akan memberikan modem ADSL sebagai paket langganan anda. Meskipun kadang-kadang harus beli sendiri modem ADSL / memberikan kebebasan kepada anda untuk membeli sendiri modem ADSL yang anda sukai.
Proses pemilihan modem ADSL mungkin akan menyulitkan bagi sebagian pemula. Pada bagian ini akan di usulkan langkah praktis dalam proses membeli dan memilih router ADSL.

1. Membaca hasil survey berbagai modem ADSL favorit yang digunakan oleh para pengguna ADSL. Cara yang paling sederhana adalah mencari situs “Broadband User Group” melalui Google.
2. Mencoba bertanya di mailing list para pengguna ADSL atau Asosiasi WARNET, seperti, speedy-telkom@yahoogroups.com dan asosiasi-warnet@yahoogroups.com.
3. Beberapa provider ADSL menyediakan informasi tempat pembelian modem ADSL.

Ada beberapa hal yang akan menyebabkan perbedaan harga router / modem ADSL, seperti,

• Kemudahan instalasi, software driver hingga kemudahan konfigurasi melalui Web.
• Jenis sambungan, ada yang terbatas hanya USB, ada yang berbentuk router dengan sambungan LAN bahkan beberapa di lengkapi dengan WiFi.
• Kemampuan fitur, dari yang sangat sederhana hanya mengkonfigurasi VCI dan VPI sampai yang rumit dengan kemampuan NAT, firewall, routing dll.

Daftar modem ADSL yang saya pernah coba dan cukup andal untuk di operasikan di jaringan kabel Telkom dirumah saya yang lumayan cukup “krosok-krosok” dalam waktu yang lama adalah,

Tecom AR1031
SMC barricade smc7904bra
Thomson SpeedTouch 510
TP-LINK TD-8800 / 8817
3COM 3CRWDR100A
SmartAX MT882a


Diantara modem ADSL tersebut Tecom AR1031 & TP-LINK TD-8800 termasuk kategori yang relatif murah, tapi performance-nya baik.

Related Post:

Post a Comment