Blog Cinangka

Komputer Terkena W32 Virut

Posted by Taufiq Rohman Friday, October 14, 2011
Share this Article on :

Sudah lama tak berusursan dengan virus komputer. Jadi tidak tahu perkembangan virus-virus lokal maupun internasional yang mewabah. Komputer rumah relatif aman, dipakai sendiri, selalu update antivirus walaupun yang gratisan, dan jarang dimasuki flashdisk takjelas. Sudah lama tidak pernah melihat warning ada virus.

Tapi di kantor berbeda. Karena yang memakai banyak orang, yang tahu atau tidak, yang sudah masuk kemana-mana (warnet, rental, cetak foto instan dll) jadilah flashdisk membawa banyak muatan, salah satunya virus. Awalnya tidak terdeteksi, antivirus tidak terpasang. Hanya lambat saja.

Begitu dipasangi antivirus, baru ketahuan banyaknya. Kebetulan diserahi tugas memersihkan virus. Sebagai jaga-jaga, beli majalah PC Media yang ada PCMAV. Antivirus ini katanya ampuh membasmi virus-virus lokal.

Mulailah scan satu persatu. Yang muncul: conficker, ada sality, dan beberapa yang tidak ingat. Scan memakai PCMAV, beres. Tapi ada beberapa file yang masuk karantina. Berhubung saya belum familiar dengan PCMAV saya diamkan.

Lalu saya kira sudah aman. Saya pasangi AVG Free versi 8.5. Sengaja semua dipasangi AVG, biar seragam. Update. Langsung warning bermunculan. w32/ virut. Virut, ternyata memakan/ menduplikasi file-file yang berektensi .exe. Itulah sebabnya ketika mau mempaste PCMV di folder selalu gagal. Harus di scan melalui CD. Apa pula ini? Ternyata masih banyak virus. Ada satu komputer yang terinfeksi lebih dari 600 file.

Langsung cari remover kesana kemari: ke situsnya symantec.com, vaksin.com, dan ke grisoft.com yang punya AVG. Ada tool remover ada juga tool mengembalikan registry. Jadi bingung. Karena sudah memakai AVG maka, download yang avg. Tapi sebelum itu, saya putuskan menscan dulu dari safe mode. dan matikan system restore. Lupa, pokoknya ada saran scan dari booting, lalu restart, dan scan.

Selesai. Aman deh komputer. Langsung restart. Ternyata yang tampak hanya latar belakang saja. Kenapa ini? Bingung. Cari kesana kemari. Bagaimana mengembalikannya. Ada yang menyarankan recovery windows, memakai tool ini, itu, dan yang palingpraktis: install ulang.

Tapi ini komputer kantor, banyak data, lagipula, bagaimana kalau tak bisa menyembuhkan. Hari berikutnya komptyter masih bekum bisa dipakai, ( tidak tahu caranya). Iseng-iseng masuk ke task manager, ternyata bisa. Lalu coba jalankan IE dan Firefox juga bisa. Lalu buka AVG,lihat ke virus vault, dis itu banyak file yang masuk karantina.

Langsung restore. All. Restart. dan berhasil.

Membersihkan W32 Virut? Sabar. AVG, Avira, avast, ansav, MasAfe, Kiperski, Nurman, morton, PCMAV bisa. Yang penting sabar membaca petunjuknya.

Related Post:

Post a Comment