Blog Cinangka

Hati-Hati, Jaringan 3G IM2 Sudah Kelebihan Beban

Posted by Taufiq Rohman Friday, October 14, 2011
Share this Article on :

Akses Internet mengunakan indosatm2 (IM2) menjadi sangat lambat. Anda pasti kecewa. Tapi anda akan lebih kecewa lagi kalau tahu IM2 sendiri mengakui jaringannya sudah kelebihan beban. Jadi hampir tidak ada solusi untuk mengatasi macet akses ini, kecuali menungggu indosat menambah kapasitas jaringannya. Masalah lagi, anda yang membeli modem Indosat yang hanya bisa dipakai buat Im2. Mau dikemanakan modemnya?

Dari sumber detikinews.com, IndosatM2 mengakui adanya masalah pada jaringan 3G. Kapasitas yang ada ternyata sudah tak sanggup lagi menahan laju pemakaian layanan data.

"Kami sudah berupaya menambah kapasitas dengan membangun BTS baru. Namun itu tak banyak membantu, karena masalah sebenarnya ada di pipanya," kata Corporate Secretary IM2, Andri Aslan, kepada detikINET, Senin (23/2/2009).

Pipa yang dimaksud Andri ialah frekuensi 3G. Dengan 5 Mhz yang dimiliki Indosat, kata dia, itu sudah tak cukup untuk melayani kebutuhan pelanggan yang terus meningkat. Saat ini pelanggan modem 3G Indosat telah mencapai 300 ribu.

Indosat sendiri, katanya, telah memohon pada pemerintah agar bisa mendapat lisensi murah. Terlebih karena desakan pelanggan atas kualitas layanan. Menurut Andri, dengan penambahan frekuensi 5 MHz lagi untuk 3G bisa meningkatkan kapasitas jaringan pelanggan hingga 5 kali lipat dari yang ada sekarangan.

"Bagaimana internet bisa murah kalau harga lisensi masih mahal (Rp 160 miliar). Ini tidak sesuai dengan rencana kami menawarkan akses internet tanpa batas dengan harga murah," lanjut Andri.

Ia sendiri tak memungkiri bahwa IM2 masih terus berjualan modem datacard meski jaringan tengah bermasalah. "Di beberapa daerah masih ada yang memungkinkan untuk akses. Namun tidak di daerah padat," jelas Andri.

Bagimana ini, janji akses unlimited? Sudah membeli modem yang ekslusif, aksesnya lambat. Apa hars membeli modem lagi buat akses internet dari provider lain atau pakai cara underground?

Related Post:

Post a Comment