Blog Cinangka

CARA MENAIKKAN TRAFIK BLOG

Posted by Taufiq Rohman Wednesday, October 19, 2011
Share this Article on :

Tak perlu basa-basi, langsung saja :

1. Manfaatkan Search Engines
Mayoritas pengguna internet memanfaatkan search engine untuk mencari informasi yang mereka butuhkan. Mengoptimasikan blog anda ke berbagai mesin pencari dan direkori merupakan pilihan tepat untuk menaikkan trafik blog anda.

Optimasikan pada search engine populer seperti Google, Yahoo! dan MSN. Jika blog anda terdaftar pada banyak search engine akan sangat membantu menaikkan rangking dalam berbagai macam mesin pencari populer.


2. Rancang Affiliate Program

Jika mampu, rancanglah program afiliasi dimana anda akan memberikan beberapa persen penjualan anda kepada pembeli yang mereferensikan produk/jasa anda kepada orang lain.
Sebarkan program afiliasi anda dengan mendaftarkannya pada direktori progam afiliasi dan jangan lupa untuk menjalin kerjasama dengan web master lainnya.

3. Bertukar Link

Buatlah link page yang akan menautkan link anda pada web lain memiliki kemiripan dengan blog anda.

Ajak pemilik blog lain untuk saling bertukar link. Anda menambahkan link blog mereka dalam blog anda, demikian pula sebaliknya.

4. Berkomentar dalam forum

Aktif dalam forum diskusi yang terkait dengan bisnis anda. Berikan komentar yang bermanfaat lalu cantumkan pula link blog anda di bagian akhir komentar anda. Ingat, tidak semua forum mengijinkan anda mencantumkan link blog. Baca dahulu aturan forum sebelum memutuskan untuk bergabung daripada anda dicap sebagai orang yang tidak memiliki tata krama karena melanggar aturan forum.

5. Berkomentar di blog lain

Kunjungi blog-blog yang memiliki keterkaitan dengan jenis bisnis / blog anda. Umumnya mereka memberikan ijin kepada setiap pengunjung untuk memberikan komentar terkait topik yang sedang dibahas. Yang penting jangan sampai melakukan spam dan buatlah komentar yang bermanfaat jangan sekedar say hello.

Jangan lupa pula mencantumkan link blog anda.


6. E-Mail Signatures

Buatlah “signature” – nama anda, link blog anda dan sedikit deskripsi blog pada “e-mail signature”. Buatlah signature tersebut secara otomatis tertulis pada setiap e-mail yang anda kirim.

Membuat signature atau tanda tangan yang bagus sebenarnya tidaklah sulit.

Cara pertama, anda bisa men-scan tanda tangan anda di atas kertas. Gambar hasil scan tersebut dapat anda copykan dalam blog anda. Cara ini sangat mudah namun tidak saya sarankan karena tampak kurang profesional.

Cara kedua, anda bisa menggunakan software pengolah gambar seperti paint, atau corel draw. Memang agak ribet membuat tanda tangan dengan mouse tapi hasilnya lumayan bila dibandingkan dengan cara pertama yang tampak amatiran.

Cara ketiga, anda bisa memanfaatkan software pembuat signature. Jika mau yang gratiskan, anda dapat mengunjungi http://www.mylivesignature.com untuk membuat signature anda secara on-line. Ada banyak pilihan bentuk disana dan ada pula petunjuk cara pemasangan pada blog. Cara ini lebih saya sarankan daripada anda menggunakan cara pertama maupun cara kedua. Karena selain lebih mudah juga tampak lebih profesional.


7. Traffic Exchanges

Traffic exchange mirip seperti tukar link, hanya saja sistemnya berbeda. Setiap kunjungan yang anda lakukan anda akan mendapatkan kunjungan balik. Aktifitas ini memungkinkan blog anda terus dikunjungi orang lain bila isinya memang bermanfaat.

Jadi, semakin banyak kita mengunjungi website orang lain, semakin banyak pula orang lain mengunjungi website kita.

8. Pass-Around Items

Buatlah sesuatu yang memungkinkan orang lain untuk tertarik menyebarkannya. Anda bisa menulis informasi penting dan bermanfaat berformat *.pdf, atau powerpoint presentation. Atau bisa juga menulis cerita lucu melalui e-mail. (terkait cerita lucu dalam e-mail pernah saya tuliskan di sini). Yang penting adalah izinkan orang lain untuk menyebarkan informasi yang anda berikan.

Tentu saja, jangan lupa cantumkan link blog anda di posisi yang mudah terlihat oleh pembaca.

9. Menulis Artikel

Tulis artikel-artikel yang berkaitan dengan blog / bisnis anda, dan lakukan inbound links di dalamnya. Masukkan artikel-artikel anda pada article directories, dan izinkan orang lain untuk menerbitkan artikel anda di dalam blog mereka tentu saja dengan tetap mencantumkan link blog anda.

Artikel-artikel anda akan menyebar sangat cepat. Orang-orang akan membaca artikel anda dan tergerak untuk mengunjungi blog anda.

Jika memang artikel tersebut oke punya, mereka akan menghormati anda sebagai seorang ahli. Rasa hormat itu memungkinkan produk anda terjual laris di pasaran.

Satu lagi cara yang bisa anda lakukan adalah :

10. Berdoa
Berdoalah semoga traffik anda meningkat setiap saat dan tidak pernah merosot.

Related Post:

Post a Comment