Blog Cinangka

Cara Menginstall Program Dengan File .tar.gz

Posted by Taufiq Rohman Thursday, August 25, 2011
Share this Article on :

Banyak cara yang dipakai untuk menginstall program ( software ) baru di Linux, yang palin mudah adalah dengan menggunakan file .RPM tapi seringkali juga jika kita download sebuah program baru dari Internet atau install dari CD / USB , yang kita dapat adalah masih file “mentahannya” alias file.tar.gz .



Cara untuk menginstall program dengan file.tar.gz ini tidak semuanya persis sama, anda harus membaca petunjuk cara install yang disertakan dalam file.tar.gz tersebut. Sebelum anda mengisntall program baru dari file.tar.gz , maka anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa anda telah mengisntall semua kernel standard dari Operating System Linux yang anda gunakan, biasanya kernel ini sudah diikut sertakan dalam CD paket Linux tapi ada juga yang harus download dulu lewat fasilitas “repositories”.



ontoh : Saya memakai OpenSuse10.2 maka yang saya lakukan untuk menginstall kernel tersebut adalah, saya masuk ke Panel Menu lalu pilih “Aplications” , kemudian pilih “System” lalu “Configuration”, setelah itu klik “Install Software” lalu ketikkan : “kernel” di search box lalu “enter”. Pilihlah program yang akan di install tersebut dengan cara memberi cawang pada bagian”gcc”, “kernel-default” dan “kernel-source”. Jika ada “linux-kernel-headers” maka berilah tanda cawang juga pada pilihan ini, setelah itu klik “install” dan ikuti petunjuk selanjutnya. Jika kernel linux anda belum lengkap maka anda akan mendapatkan pesan error jika anda melakukan install program baru dengan file.tar.gz :



Setelah anda mendownload file.tar.gz maka anda harus mengekstarknya terlebih dahulu dengan sofware extractor seperti Ark (untuk OpenSuse 10.2) atau yang lainnya sesuai dengan Distro Linux yang anda pakai. Biasanya dengan melakukan double klik di nama file tersebut maka akan langsung membawa anda untuk menuju ke pilihan ekstrak file.tar.gz dengan menggunakan software extractor yang ada di system Linux anda . Hasilnya akan berupa sebuah file folder dengan nama sesuai dengan nama file.tar.gz. Lihatlah petunjuk detailnya di bagian file yang bernama install.txt .



Buka terminal konsole, lalu masuklah ke file direktori hasil dari ekstrakan tadi dengan menggunakan perintah:

$cd namadirektori



Jika di dalam file forder tersebut tidak ada “Makefile” maka biasanya anda harus menuliskan perintah configure terlebih dahulu:

$./configure



Jika “Makefile” sudah ada dalam file folder tersebut maka anda tinggal menuliskan perintah :

$make



make install

Nah…. sekarang software aplikasi baru telah terinstall di system Linux anda .

Related Post:

Post a Comment