Blog Cinangka

Instal Windows Xp Pake Plashdisk

Posted by Taufiq Rohman Monday, February 14, 2011
Share this Article on :

Umumnya menginstal Windows XP pada sebuah komputer dilakukan melaui CD. Tentu saja kita mesti boot dari CD-ROM untuk melakukannya. Tetapi kadang kala ada beberapa komputer yang tidak support boot dari CD-ROM atau tidak mempunyai CD/DVD-ROM sama sekali. Bagaimana cara menginstal Windows kalau sudah kaya begini? Tidak usah cemas. Kita bisa menginstal Windows XP melalui sebuah Flashdisk. Namun proses instalasinya mungkin tidak secepat instalasi melalui media CD. Langsng saja kita simak caranya:


Pertama hal yang perlu disiapkan adalah:


1. Sebuah tool yang bernama USB Multiboot 1.0 yang bisa didownload disini. Tool ini yang nanti kita gunakan untuk mengcopy setup Windows XP ke flashdisk.
2. Sebuah flashdisk berkapasitas minimal 1 GB.
3. CD/DVD Instalasi Windows XP.


Setelah semua hal di atas siap. Lakukan beberapa langkah berikut:


1. Ekstrak USB Multiboot 10.zip dengan Winzip, WinRar atau jika Anda tidak memiliki apilkasi kompresi seperti WinRar atau WinZip yang akan digunakan untuk mengekstak file Zip tadi, Anda bisa menggunakan aplikasi disini.
2. Setelah proses ekstrak selesai, jalankan file USB_MultiBoot_10.cmd, ea, Jika filUSB_MultiBoot_10.cmd NYa error maka coba setting manual dengan cara.
buka notepad kemudian ambil file USB_MultiBoot_10.cmd dan drag kemudian bawa ke notepad, kemudian save dengan nama USB_MultiBoot_10.cmd.


kemudian akan tampak jendela CMD.


Install Windows XP dari Falshdisk Step 1
3. Tekan Enter untuk melanjutkan
4. Kemudian akan muncul pilihan pada jendela yang sama.


Install Windows XP dari Falshdisk Step 2
5. Tekan H pada keyboard dan Enter untuk memuncul jendela HP USB Disk Storage Format Tool yang akan memformat flash disk Anda agar bisa digunakan sebagai media boot. Sebelumnya masukkan terlebih dahulu flashdisk Anda pada port USB yang tersedia.
6. Setelah jendela HP USB Disk Storage Format Tool mucul pilih drive Flashdisk Anda pada bagian Device, pilih NTFS pada File System, isi Volume Label dan klik start. Tunggu hingga proses format selesai.


Install Windows XP dari Falshdisk Step 3
7. Setelah proses format selesai Anda bisa menutup jendela format dengan mengklik tombol Close.
8. Kembali ke jendela CMD, akan akan menemui pilihan lagi. Ketik angka 1 kemudian tekan Enter. Sebelumnya masukkan dulu CD/DVD Instalasi Windows XP.


Install Windows XP dari Falshdisk Step 4
9. Anda akan diminta untuk menetukan lokasi CD/DVD Instalasi Windows XP. Tentukan lokasi CD/DVD Instalasi Windows XP dan klik OK.


Install Windows XP dari Falshdisk Step 5
10. Setelah itu akan muncul kotak dialog seperti di bawah. Klik No dan Anda akan diminta memasukkan Username, Nama Organisasi, Computer Name, CD Key, Time Zome, dan Workgroup. Terakhir klik OK.


Install Windows XP dari Falshdisk Step 6
11. Setelah itu kembali lagi pada jendela CMD. Pada jendela CMD ketik angka 2 dan tekan Enter untuk menentukan lokasi Flashdisk Anda.


Install Windows XP dari Falshdisk Step 7
12. Pada dialog yang muncul pilih drive Flashdisk dan klik OK.


Install Windows XP dari Falshdisk Step 8
13. Apabila drive flashdisk sudah ditentukan, pada jendela CMD ketik angka 3 dan tekan Enter untuk memulai proses pengcopyan Instalasi Windows XP ke flashdisk.


Install Windows XP dari Falshdisk Step 9
14. Pada pertengahan proses akan muncul dialog seperti di bawah. Klik YES untuk melanjutkan proses copy. Proses ini akan memakan waktu kurang lebih selama 15 menit.


Install Windows XP dari Falshdisk Step 10
15. Pada akhir proses akan mucul kembali dialog seperti gambar di bawah. Klik NO. Pada jendela CMD tekan Enter untuk mengakhiri proses copy. Flashdisk telah siap untuk digunakan untuk menginstall Windows XP.


Install Windows XP dari Falshdisk Step 11
Tahap berikutnya adalah menginstal Windows XP melalui Flashdisk tadi. Untuk itu lakukan langkah-langkah berikut:


1. Masukkan flashdisk pada port USB yang tersedia pada komputer. Kemudian restart komput
er Anda.
2. Pada jendela BIOS untuk masuk ke BIOS Setup tekan Delete atau F1 tergantung tipe BIOS yang Anda gunakan. Pada Boot Configuration pilih Flashdisk Anda sebagai First Boot Device. Setelah selesai Simpan Setting dan keluar dari BIOS Setup. (Lebih lanjut bagaimana seting BIOS agar computer bisa boot dari flashdisk baca manual motherboard Anda).
3. Pada saat computer Anda booting, Anda akan menemui menu boot. Pilih menu nomor 1. Begin TXT Mode Setup Windows XP, Never unplug USB-Drive Until Logon”. Setup Windows XP akan berjalan seperti setup dari CD.

Related Post:

  1. Postingan yang berguna nihh sob..
    Mohon komentarnya kembai di blog saya ya at: http://fadil-rubikers.blogspot.com/

     

Post a Comment